Connect with us

Pendidikan

Pengumuman PPDB SMA di Bandar Lampung Ditunda, Ini Penyebabnya

Avatar

Published

on

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Kota Bandar Lampung ditunda. Sedianya, Disdikbud Bandar Lampung mengumumkan hasil PPDB pada Kamis, 20 Juni 2019 ini. Namun, pengumuman ditunda karena adanya laporan masyarakat ke Ombudsman RI Perwakilan Lampung.

Kabid Pembinaan SMA Disdikbud Lampung Diona Katharina menyatakan, pengumuman PPDB tahun ajaran 2019/2020 ditunda karena adanya laporan masyarakat melalui Ombudsman. Dalam laporannya, masyarakat menilai pelaksanaan PPDB bertentangan dengan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018. "Kami dilaporkan terkait domisili. Karena di dalam juknis terdapat item surat keterangan domisili yang dikeluarkan disdukcapil. Sementara di Permendikbud hanya berupa pengantar dari (ketua) RT dan lurah," beber Diona.

Lebih lanjut Diona menjelaskan, Disdikbud menyelenggarakan PPDB berdasarkan surat edaran dari Mendikbud dan Mendagri. Intinya Disdikbud diminta untuk berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait kartu keluarga dan domisili. Aturan tersebut juga diberlakukan untuk mengurangi indikasi kecurangan yang dilakukan oleh calon siswa, seperti mengubah domisili agar diterima di sekolah yang diinginkan.

Diona menjelaskan, Disdikbud juga akan membahas masalah ini dengan gubernur. "Kami akan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Bapak Gubernur. Sehingga pengumuman PPDB akan kita tunda sampai hasil konsultasi didapat," ujar Diona. Salah satunya Atun, yang anaknya mendaftar di SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Ia mengaku telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB. Namun, hingga belum mendapatkan kejelasan terkait pengumuman PPDB. "Tadi disuruh nunggu sampai jam satu siang ini, karena pihak sekolah masih menunggu kebijakan dari dinas," ucap Atun.

Atun mengaku hendak melakukan pendaftaran ulang anaknya yang dinyatakan diterima melalui laman Namun, pendaftaran diundur karena pengumuman resmi di sekolah belum keluar. Di sekolah lain, terlihat juga beberapa orangtua siswa menunggu kejelasan pengumuman tersebut.

Iin, orangtua siswa yang mendaftar di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, mengaku akan menunggu sampai ada kejelasan soal pengumuman PPDB. "Saya tunggu saja di sini sampai sekolahnya tutup," ucap Iin. Sementara di SMA Negeri 15 Bandar Lampung, orangtua siswa yang anaknya dinyatakan diterima melalui situs online PPDB diberikan pengarahan untuk mengecek ulang kembali melalui situs sman15 bdl.sch.id.

Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat.

Pendidikan

Jelaskan Tiga Usaha yang Dilakukan buat Menghentikan Korupsi! Jawaban Soal TVRI SMP 12 Agustus 2020

Avatar

Published

on

Berikut jawaban soal TVRI Rabu, 12 Agustus 2020, SMP kelas 7 9 Belajar dari Rumah untuk soal 'Jelaskan tiga usaha yang bisa dilakukan generasi muda untuk menghentikan praktik korupsi di Indonesia!'. Soal tersebut merupakan pertanyaan nomor 3 pada materiBerani Lawan Korupsi. Materi Berani Lawan Korupsi untuk jenjang SMP dan sederajat akan tayang pada pukul 09.30 10.00 WIB.

Dari tayangan tersebut, siswa dapat mengembangkan kompetensi literasi, yakni mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Siswa harus menyaksikan tayangan materi Berani Lawan Korupsi agar dapat menjawab soal yang diberikan. Seperti apa lebih jelasnya? Mari kita simak tayangan berikut!

Pesan moral apa yang bisa kamu dapatkan dari film pendek tersebut? Jawaban: Menanamkan sikap moral fundamental yang dapat membuat orang menjadi kebal terhadap godaan korupsi yaitu kejujuran, rasa keadilan, dan tanggung jawab.

Cerita dalam film ini juga menekankan bahwa bahaya korupsi dapat dicegah sejak dini dari lingkup kecil yaitu keluarga. Bagaimana caramu menanamkan sifat anti korupsi dalam kehidupan sehari hari? Jawaban:

Cara menanamkan sifat anti korupsi dalam kehidupan sehari hari: Tidak berkata bohong. Pulang kerumah tepat waktu.

Tidak terlambat berangkat ke sekolah. Berusaha bertanggung jawab atas apapun yang dikerjakan. Jelaskan tiga usaha yang bisa dilakukan generasi muda untuk menghentikan praktik korupsi di Indonesia!

Jawaban: Tiga usaha yang bisa dilakukan generasi muda untuk menghentikan praktik korupsi di Indonesia: Membudayakan perilaku anti korupsi dalam diri hingga lingkup organisasi sekitar.

Aktif dalam melaporkan segala tindakan yang berbau korupsi baik dilingkungan sekolah maupun keluarga. Menanamkan rasa tanggung jawab dan menekankan kejujuran dalam segala hal. Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan orangtua untuk mengoreksi jawaban anak.

Program Belajar dari Rumah di TVRI akan berlangsung mulai dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Tayangan program Belajar dari Rumah juga bisa Anda saksikan melalui link live streaming TVRI online. Mickey Mouse Clubhouse: Mickey Pergi Memancing

Sahabat Pelangi: Yeay Menang! Peta Baru Indonesia Berani Lawan Korupsi

Lesson 10: Come over to my place (Datang ke tempatku) Vokasi Kini: Anak Muda Mengawal Energi Terbarukan Berkarir dan Berkeluarga

Empu Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Continue Reading

Pendidikan

Materi Bilangan Pecahan Tugas SMP Soal & Jawaban TVRI 11 Agustus 2020 Belajar dari Rumah

Avatar

Published

on

Inilah materi dan kunci jawaban program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI hari ini, Selasa (11/8/2020). Di mana siswaSMP akan belajar materi Bilangan Pecahanpadapukul 09.30 WIB. Setelah materi disampaikan, siswa diberikan pertanyaan.

Ada beberapa soal yang perlu dikerjakan sebagai tugas. Diharapkan siswa dapatmenyelesaikan permasalahan kehidupan sehari hari yang melibatkan operasi hitung pecahan. (Simak juga 4 link live streaming TVRI program Belajar dari Rumah di artikel ini)

Kali ini, siswaSMP akan belajar materiBilangan Pecahan. Ibu Dita memiliki 19 permen karet yang akan dibagikan kepada tiga anaknya, yaitu Hamsar mendapatkan 3/10 bagian permen karet, Gina mendapatkan 2/5 bagian permen karet, dan Jaka mendapatkan 1/4 bagian permen karet. Menurut Hamsar, dia akan mendapatkan bagian permen karet yang lebih banyak dari kedua saudara lainnya.

Menurut kamu, apakah Hamsar mendapatkan permen karet 2 kali lebih sedikit dari Gina? Pak Dodi membagikan sejumlah uang kepada ketiga anaknya, yaitu Edwin, Nanik, dan Rendi. Edwin mendapatkan 40% bagian, Nanik mendapatkan 25% bagian, dan Rendi mendapatkan uang sebesar Rp 350.000,00.

Menurut Nanik, uang yang dibagikan kepada mereka bertiga berjumlah Rp1.200.000,00. Menurut kamu, benarkah pendapat Nanik? Jelaskan alasanmu Dua orang siswa diminta untuk menentukan nilai dua pecahan yang terletak diantara 1/6 dan 2/9.

Hasil jawaban kedua orang siswa sebagai berikut: Reva menjawab 9/54 dan 10/54 Pendi menjawab 10/54 dan 11/54. Berdasarkan jawaban kedua orang siswa tersebut, menurut pendapatmu siapa yang benar? Jelaskan alasanmu!

Menggunakan cara mengubah pecahan dalam bentuk desimal. Hamsar = 3/10 = 0,3 bagian Gina = 2/5 = 0,4 bagian

Jaka = 1/4 = 0,25 bagian Jadi, yang mendapat permen karet paling banyak adalah Gina, bukan Hamsar. Namun, selisih bagian keduanya tidak sampai dua kali lipat.

Diketahui: Persentase uang Rendi = 100% 40% 25% = 35% Uang Rendi = 35% x Jumlah uang total

350.0000 = 35/100 x jumlah uang total Jumlah uang total = 350.000 x 100/35 Jumlah uang total = 1.000.00

Jumlah uang yang dibagikan pada mereka bertiga adalah Rp 1.000.000. Jadi, pendapat Nanik salah. Pertama, perlu mencari selisihnya:

2/9 1/6 = 4/18 3/18 = 1/18 Kemudian, mencari jarak antar sisipan (ada 2 sisipan) Karena ada dua sisipan, maka selisih dua pecahan dibagi 3 (2 + 1)

1/18 : 3 = 1/18 x 1/3 = 1/54 Sisipan 1 = 3/18 + 1/54 = 9/54 + 1/54 = 10/54 Sisipan 2 = 10/54 + 1/54 = 11/54

Jadi, yang benar adalah pendapat Pendi. Kunci jawaban ini hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak. PAUD

Kisah Jaya, Giri, dan Melati: Hidup Sehat SD Kelas 1 3 Operasi Hitung Bilangan: Penjumlahan dan Pengurangan

SD Kelas4 6 Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang SMP

Bilangan Pecahan Bahasa Inggris Lesson 9: Is it cold? (Dingin tidak?)

SMA/SMK Grafik Fungsi Eksponen Keluarga Indonesia

Pelibatan Keluarga dalam Pendidikan Anak Seleb Kota Jogja *) Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Continue Reading

Pendidikan

Mickey Mouse Clubhouse Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Minggu 2 Agustus 2020

Avatar

Published

on

Berikut link live streaming TVRI Belajar dari Rumah Minggu, 2 Agustus 2020: Mickey Mouse Clubhouse. Pada hari Minggu, TVRI menyuguhkan berbagai tayangan menarik dan mengedukasimulai pukul 08.00 WIB. Ada tayanganMickey Mouse Clubhouse: Perlombaan Balon Raksasa Donald hinggaRagam Indonesia.

Selain dapat disaksikan melalui televisi, program TVRI Belajar dari Rumah juga bisa disaksikan secara live streaming. Mickey Mouse Clubhouse: Perlombaan Balon Raksasa Donald Dapur Anak Episode 3

PODBOX: Seni Rupa Kolaborasi Dokumenter: Rekam Pandemi Ragam Indonesia

Sesuai informasi pada laman Kemdikbud.go.id, program ini akan berjalan selama tiga bulan. "Untuk sementara, program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020, dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Hilmar Farid, menjelaskan program Belajar dari Rumah ini dijadwalkan setiap Senin hingga Jumat, untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan.

"Jadi masing masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing masing untuk SMP, SMA, dan parenting ," tutur Hilmar. Hilmar juga menjelaskan, materi program diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar materi sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak dicontohkan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Selain itu, Hilmar juga menjelaskan terkait program kebudayaan yang akan ditayangkan pada Sabtu dan Minggu. Nantinya terdapat durasi tiga jam khusus untuk program program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow),podcast, kesenian, danmagazinetentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia. Sedangkan pada malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter.

Hilmar menambahkan, Kemendikbud telah menyiapkan sekitar 720 episode selama 90 hari untuk program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI.

Continue Reading

Trending